Saturday, May 21, 2011

Menyalakan LED (membuat LED menyala)

LED adalah salah satu penghasil cahaya yang sedang nge-trend saat ini, banyak aplikasi yang tadinya menggunakan lampu bohlam sekarang dirubah menjadi LED karena LED memiliki banyak kelebihan.

LED juga memiliki banyak bentuk dan ukuran, ada yang besar, sedang maupun kecil, ada yang bundar, kotak, segitiga, persegi panjang bahkan ada yang bentuknya tampilan angka yang biasa disebut LED 7 segmen yang terdiri dari 7 buah LED yang disusun dengan bentuk angka 8. ada yang warna merah, biru, putih, hijau, orange dll.
cara menyalakan LED sangat mudah, tetapi harus hati hati supaya tidak membuat LED mati atau terbakar.
LED yang biasa ada dipasaran membutuhkan tengangan 2Volt sampai 6Volt dan arus 0.01A~0.02A
apabila kita tidak tahu spesifikasi LED yang akan kita nyalakan, sebaiknya nyalakan LED dengan voltase rendah dulu, karena jika voltase yang di pasang terlalu tinggi untuk LED tersebut, maka LED tersebut akan mati terbakar.
ayo kita coba nyalakan LED dengan menggunakan battery kecil yang 3 volt. caranya sangat mudah sekali :
perlu diingat bahwa LED memiliki kutub positif dan negatif,tidak seperti bohlam yang bisa dibalik balik kutubnya.

1. ambil battery kecil (battery calculator) yang 3 volt
ketahui bahwa kutub positif adalah bagian yang merpakan permukaan yang besar, yang menutpi sebagian besar area dari battery dan ada tanda + pada permukaannya dan kutub negatif adalah bagian sebaliknya.
2. ambil LED, ketahui terlebih dahulu bahwa kutub positif dari LED adalah kaki yang panjang, dan kutub negatif adalah kaki yang lebih pendek.
apabila kondisi LED tidak baru
atau dengan kata lain panjang kakinya sudah terpotong, tidak perlu pusing, cukup dicoba coba saja, jika kutub LED dan battery terbalik
maka LED tidak akan menyala dan kita tinggal membalik arahnya saja.
3. setelah itu kita tinggal menyelipkan battery diantara dua kaki LED dengan arah kutub yang benar dimana
kutub positif battery menghadap ke kutub positif LED (kaki yang panjang) dan begitu juga sebaliknya dengan kutub negatif.
usahakan supaya kedua kaki menyentuh dengan baik ke permukaan battery, apabila jarak kaki LED terlalu renggang, sebaiknya jaraknya dikecilkan dulu dengan sedikit membengkokkan kaki LED.
selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...